Sabtu, 22 November 2008

Aliran Pendidikan


-->

Aliran-aliran Pendidikan
Dalam dunia pendidikan umum, dijumpai tiga aliran (teori) pendidikan yang mempengaruhi perkembangan seseorang, yaitu nativisme, empirisme, dan konvergensi. Nativisme, yang dipelopori Arthur Schopenhauer (1788-1860) seorang filosof Jerman, berpendapat bahwa manusia dilahirkan telah membawa bakat (hereditas) yang secara cepat atau lambat bakat tersebut akan terwujud. Empirisme, yang dipelopori oleh John Locke (1632-1704) seorang filosof Inggris, berpendapat bahwa manusia dilahirkan sebagai kertas kosong (tabularasa). Faktor lingkungan menentukan dalam perkembangan pribadi seseorang, terutama pendidikan. Sedangkan konvergensi, yang dipelopori oleh William Stern (1871-1938) seorang filosof dan psikolog Jerman, merupakan perpaduan empirisme dan nativisme. Aliran ini berpendapat bahwa kepribadian seseorang dibentuk dan dikembangkan oleh faktor dasar (bakat) dan faktor ajar (pendidikan).
b. Persamaan dan perbedaannya dengan Islam
Apabila dibandingkan dengan manusia menurut konsep Islam, maka ketiga aliran pendidikan tersebut ada beberapa persamaan dan perbedaan.
Baik dalam Islam maupun empiris berpendapat bahwa, manusia dilahirkan dalam keadaan suci bersih. Tapi Islam menilai bahwa suci bersih itu bukanlah berarti kosong (tabularasa), melainkan berupa potensi dasar (fitrah). Sedangkan empirisme lebih cenderung memberi pengertian suci bersih sebagai sesuatu yang kosong. Diantara persamaan nativisme dengan Islam adalah, keduanya mengakui pentingnya faktor pembawaan. Keduanya mengakui bahwa pendidik lebih identik berfungsi sebagai fasilitator. Tetapi dalam Islam seorang pendidik mempunyai tanggungjawab yang lebih, yaitu terbentuknya mental iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sedangkan hubungannya dengan konvergensi, keduanya mengakui bahwa faktor dasar (bakat) dan faktor ajar (pendidikan) penting bagi pembentukan dan pengembangan kepribadian anak didik. Tetapi dalam Islam, arah dan tujuan pendidikan sudah jelas, yaitu beribadah kepada Allah, menjadi khalifah di muka bumi, dan menata bumi, sehingga adanya keseimbangan antara duniawi dan ukhrawi. Sementara itu, konvergensi lebih mengarah kepada kehidupan duniawi.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More