Minggu, 18 Oktober 2015

Pedoman Zikir dan Doa Sepanjang Masa


Judul buku      : Pedoman Zikir dan Doa Sepanjang Masa
Penulis            : M. Imam Pamungkas
Penerbit          : Pustaka Makmur
Halaman         : 212
Harga              : Rp 37.500,
Berzikir kepada Allah SWT dan memanjatkan doa kepada-Nya merupakan suatu aktivitas dan perbuatan yang membawa kebaikan serta menghasilkan pahala. Perbuatan ini baik dilakukan kapan dan dimana pun, tentunya selain di tempat-tempat yang dilarang. Setiap hembusan nafas kita pun hendaknya dihiasi dengan zikir dan doa. Zikir dan doa merupakan pembuka (kunci) dari segala perbuatan baik yang menghasilkan kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat. Zikir dan doa, terlebih yang sudah diajarkan oleh Nabi mempunyai kedudukan dan derajat yang tinggi dan mulia di dalam agama (Islam), serta memperoleh tempat yang spesial di hati umat muslim.
Zikir dan doa tersebut tentunya harus bersumber dari ajaran agama (Islam) yaitu al-Qur’an dan al-Hadits. Hal tersebut perlu diketahui karena tentunya tujuan dari berzikir dan doa adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Apabila zikir dan doa yang kita panjatkan bertentangan dengan sumber ajaran Islam (al-Qur’an dan al-Hadits), maka hasilnya pun akan menyimpang dari ajaran Islam. Yang lebih parah lagi tentunya akan membawa kesesatan kepada kita yang berdampak membawa keburukan, baik di dunia maupun di akhirat.
Al-Qur’an, Hadits/Sunnah, dan atsar dari para generasi pertama (salaf) memberikan petunjuk kepada kita akan adanya zikir dan doa kepada Allah SWT yang telah disyariatkan untuk diamalkan sebagaimana ibadah-ibadah lainnya. Nabi Muhammad Saw pun telah menjelaskan kepada kita sebagai umatnya tentang amalan zikir dan doa yang perlu kita baca di waktu pagi dan sore hari. Dalam aktivitas lainnya pun, kita dianjurkan untuk senantiasa berzikir. Seperti mau tidur dan bangun tidur, dalam sholat dan setelah sholat, ketika masuk dan keluar masjid, ketika naik kendaraan, ketika dalam kesempitan atau kelapangan (gembira), dan lain sebagainya.
Nabi Muhammad Saw menjelaskan juga dengan detil dan sempurna tentang tingkatan zikir dan doa, jenis-jenisnya, syarat-syaratnya, ragam-ragamnya, dan adab-adabnya. Zikir dan doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw merupakan bentuk zikir dan doa yang memiliki keutamaan yang besar sehingga dapat diamalkan oleh oleh semua orang yang ingin memperoleh kebaikan. Disebut memiliki keutamaan besar, karena zikir dan doa ini mengikuti ketentuan Ilahi melalui hati (kalbu) kita dan bukannya dengan nafsu. Bagi kita yang sering melakukan dan mengamalkan zikir dan doa tentunya akan mendapatkan keselamatan dan jalan yang aman menuju keridhaan-Nya (mardhatillah).

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More